Juliani, Siska (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DIKELAS VII-3 SMP NEGERI 12 BINJAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111074 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4103111074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4103111074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103111074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103111074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103111074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103111074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4103111074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4103111074 BAB I .pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4103111074 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4103111074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103111074 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan peluang dikelas VII-3 SMP Negeri 12Binjai Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 12 Binjai yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share (TPS). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami masalah 97,2% (sangat baik), siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 66,7% (buruk), siswa yang mampu menyelesaikan masalah 66,6% (buruk), dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 55,6% (sangat buruk) sehingga belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya dilanjutkan pada siklus II dengan diperoleh siswa yang memahami masalah 100% (sangat baik), siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 86,2% (baik), siswa yang mampu menyelesaikan masalah 83,3% (baik), dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 83,4% (baik). Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar atau terdapat 70% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah cukup.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori kurang baik dengan nilai 64% sehingga belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dan selanjutnya dilanjutkan pada siklus II dalam kategori baik dengan nilai 76,04%. Dengan demikian dapat dikatakan pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru minimal 75 atau dalam kategori baik.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasanpeluang dikelas VII-3 SMP Negeri 12 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Jul p |
Keywords: | model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; Think Pair Share; peluang; kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11953 |