Sir, Hanifah Yusnida (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEITUANPADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 409131027 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. 409131027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. 409131027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. 409131027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 409131027 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. 409131027 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 409131027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 409131027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
10. 409131027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
11. 409131027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
12. 409131027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan penerapanPembelajaran Elaborasilebih tinggi dibandingkan dengan Pembelajaran Secara Konvensional pada materilaju reaksi tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuanyang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel diambil secara acak sebanyak dua kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Elaborasi dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan Model Konvensional, yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen = 36,029 dan post-test = 83,823 dengan persen peningkatan belajar = 75,0%sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 37,059 dan post-test = 79,118 dengan persen peningkatan belajar 66,9%. Adanya peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 2,988dan harga ttabel = 1,667 (thitung> ttabel) pada α = 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha¬ diterima, yang berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan penerapanPembelajaran Elaborasilebih tinggi dibandingkan dengan Pembelajaran Secara Konvensional pada materilaju reaksi tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 712 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar Kimia; Model Pembelajaran Elaborasi; Metode Diskusi Pembelajaran Konvensional; Laju Reaksi; Kemolaran; Teori Tumbukan; Orde Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11867 |