Silalahi, Puji Saulina Br. (2014) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NASRANI 1 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111063 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4103111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4103111063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4103111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4103111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103111063 BAB I.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
4103111063 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada materi Fungsi di kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Nasrani 1 Medan yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada materi Fungsi SMP Nasrani 1 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini adalah angket, lembar observasi dan tes. Angket digunakan untuk melihat peningkatan kemandirian belajar siswa. Sedangkan tes digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan angket kemandirian belajar siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil angket, kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata aspek kemandirian siswa mengalami peningkatan sebesar 17,90% dari 60,67% menjadi 78,57%. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II pada masing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sil p |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Materi Fungsi; Grafik Fungsi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11806 |