Sahara, Lisa (2014) PENERAPANMETODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN. 2 MEDANT.A.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311029 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
408311029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408311029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
408311029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408311029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
408311029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408311029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408311029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
408311029 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
408311029 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
408311029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui metode pembelajaran Quantum Teaching pada materi pokok aritmatika sosial di kelas VII MTsN. 2 Medan T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas VII-6 MTsN. 2 Medan dan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok aritmatika sosial. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika metode pembelajaran Quantum Tecahing diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 9 dari 35 siswa atau 25,7% dengan rata-rata kelas 49,1. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode pembelajaran Quantum Teaching menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 35 siswa atau 42,9% dengan rata-rata kelas 59,24. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 31 dari 35 siswa atau 88,6% dengan rata-rata kelas 83,14. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalalui metode pembelajaran Quantum Teaching, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi pokok aritmatika sosial kelas VII MTsN. 2 Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Sah p |
Keywords: | Belajar; Masalah Dalam Matematika; Ketuntasan Belajar; Model Pembelajaran; Quantum Teaching; Aritmatika Sosial; Bunga Tabung |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11805 |