Yuandini, Feggi (2014) THE EFFECT OF GUIDED DISCOVERY LEARNING MODEL ON STUDENT�. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121073 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103121073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4103121073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4103121073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103121073 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103121073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103121073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103121073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4103121073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103121073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD) dan pembelajaran konvensional, aktivitas siswa
selama mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Listrik
Dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan T.P 2013/2014
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Rantau Selatan yang
terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random
sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelas X-2
sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen
berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam
bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal.
Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, nilai
rata-rata pretes kelas eksperimen 34,3 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,5 Pada
pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0.1123 dan
Ltabel = 0.1400, untuk kelas kontrol Lhitung = 0.1018, dan Ltabel = 0.1400 sehingga
Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran STAD dan
kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan
pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 70,5 dan kelas
kontrol 61,5. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 65,08
termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,09 dan ttabel = 1,99
sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran
STAD dan pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.420 712 Yun e |
Keywords: | Learning Model; Learning Outcame; Learning Learning activies; Conventional Learning Model;Statis Fluid; Density; Fudamental Law of Hydrotaties; Archimedes Principle; Pascal law |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11782 |