Marbun, Juli Melinda (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 15 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121038 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103121038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103121038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103121038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103121038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103121038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103121038 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4103121038 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103121038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas VIII Semester II SMP Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 8 kelas yang berjumlah 256 orang, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang pada masing-masing kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 4 option. Hipotesis di uji dengan uji t dua pihak.Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 44 dan nilai rata-rata kelas kontrol 43,5. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,246, ttabel = 2,002, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,67 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 76. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 3,978 dan = 1,671. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima dan aktivitas rata-rata siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 67,4% dengan kriteria cukup aktif, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Mar p |
Keywords: | model pembelajaran; teams games tournament; hasil belajar siswa; tekanan; aktivitas siswa; tekanan zat padat; tekanan zat cair; hukum pascal; hukum archimedes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11766 |