Amrin, - (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE BERBASIS ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER ISMA NEGERI 1 DOLOK MERAWAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121006 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409121006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
409121006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409121006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409121006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409121006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
409121006 BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
409121006 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dan aktivitas siswaselama proses pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatiftipe think pair share berbasis animasi flash dan model pembelajaran konvensionalpada materi pokok gerak lurus di kelas X SMA Negeri 1 dolok merawan T.P.2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswakelas kelas X SMA Negeri 1 Dolok Merawan yang terdiri dari 3 kelas. Sampelpenelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X-1 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatiftipe think pair share Berbasis animasi flash dan kelas X-2 dengan menggunakanmodel pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumenyang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaranKooperatif tipe think pair share Berbasis animasi flash.Hasil yang diperoleh sebelum memulai pemebelajaran dengan nilai rataratapretes kelas eksperimen sebesar 47,40 dengan standar deviasi 18,20 dan kelaskontrol sebesar 43,00 dengan standart deviasi 13,92. Pengujian kelas normalitasuntuk pretes kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,136 dan Ltabel = 0,173, untukkelas kontrol dengan Lhitung = 0,1251 dan Ltabel = 0,173 sehingga Lhitung < Ltabelmaka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diperolehFhitung = 1,71 dan Ftabel = 1,98 sehingga Fhitung < Ftabel maka kedua sampel berasaldari kelompok yang homogen kedua kelas diberikan perlakuan yangberbeda,dikelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipethink pair share berbasis animasi flash dan kelas kontrol mengggunakan modelpembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran dengannilai rata - rata postes kelas eksperimen sebesar 72,80 dengan standar deviasi12,16 dan kelas kontrol sebesar 60,8 dengan standart deviasi 12,31. Rata-rataaktivitas keseluruhan siswa adalah 66,98 dan termasuk kategori cukup aktif.Perhitungan data dengan menggunakan uji t, thitung = 3,529 dan ttabel = 1,676sehingga di peroleh thitung > ttabel yang artinya Ha diterima, dengan demikiandiperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan modelkooperatif tipe think pair share berbasis animasi flash pada materi pokok geraklurus dikelas X semsemter I SMA negeri 1 Dolok Merawan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 Amr p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Konvensional; Think Pair Share (TPS); Media Pembelajaran; Gerak Lurus; Konsep Gerak; Kedudukan; Jarak; Perpindahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11760 |