Tumangger, Sehat Tua (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SALAK T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321045 COVER.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4103321045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
4103321045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4103321045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
4103321045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4103321045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4103321045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4103321045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4103321045 BAB I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
4103321045 BAB V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kalor kelas X SMA N 1 Salak T.P.2013/2014 serta melihat aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA N. 1 Salak T.P. 2013/2014. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terdiri dari satu kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan macromedia flash dan satu kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jumlah keseluruhan sampel adalah 60 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda 20 soal yang sudah divalidkan oleh validator. 2) Instrumen observasi Aktivitas belajar siswa. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS diperoleh rata-rata pre-tes 49,68 dengan standar deviasi 12,66 dan rata-rata pos-tes 70,33 dengan standar deviasi 12,24. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-tes 49,19 dengan standar deviasi 12,46 dan rata-rata pos-tes 59,68 dengan standar deviasi 10,87. Kedua data tersebut berasal dari populasi terdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak pada α=0,05 dan dk=59 diperoleh thitung < ttabel atau 0.150<2,001 dan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak pada α=0,05 dan dk=59 diperoleh thitung > ttabel atau 3,317 >1,670 maka hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya ada perbedaan akibat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kalor Kelas X Semester II SMA N. 1 Salak T.P.2013/2014. Aktivitas belajar siswa tiap pertemuan juga meningkat. Pada pertemuan I dan II diperoleh nilai N-Gain 0,17 (rendah) pada pertemuan II dan III diperoleh N-Gain 0,45 (sedang). Aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe TPS mengalami peningkatan artinya siswa berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Tum p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; TPS; Pembelajaran Konvensional; Media; Macromedia Flash; Kalor; Wujud Zat; Perpindahan Kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11754 |