Fitri, Syah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SEMESTER I SMP SATRIA DARMA PERBAUNGAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321057 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409321057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409321057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409321057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409321057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
409321057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409321057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321057 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
409321057 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409321057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
409321057 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas VIII SMP Satria Darma Perbaungan TP. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester I SMP Satria Darma Perbaungan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 2 kelas secara acak yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. yang telah divalidasikan.Uji Hipotesis menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 41,66 dengan standar deviasi 10,28 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 40 dengan standar deviasi 8,200. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1107 < 0,161, sedangkan kelas kontrol Lhitung <Ltabel = 0,1416 < 0,161 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,572 < 1,85 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,889 < 1,988 maka H0 diterima, berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82,83 dengan standar deviasi 10,56 dan kelas kontrol 76,83 dengan standar deviasi 10,46. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk postes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1347 < 0,161 maka kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data postes kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1, 0188 < 1,85. maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel = 2,877 > 1,988 sehingga Ha diterima. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang positif. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa 69,79, pertemuan II rata-rata 74,90, pertemuan ke III rata-rata 84,46. Dari hasil uji t ada pengaruh menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Satria Darma Perbaungan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Fit p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Energi; Bentuk Energi; Energi Mekanik; Hukum Kekelan Energi; Usaha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11746 |