Giawa, Agus Kurniazenvita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA N 1 SEI RAMPAH T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121003 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103121003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103121003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4103121003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103121003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103121003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103121003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103121003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103121003 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4103121003 BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103121003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103121003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division berbasis petakonsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di Kelas XSemester II SMAN 1 Sei Rampah T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswakelas kelas X SMA Negeri 1 Sei Rampah yang berjumlah 7 kelas. Sampelpenelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X-4 dengan menggunakan model pembelajaran KooperatifTipe STAD berbasis peta konsep dan kelas X-2 dengan menggunakan modelpembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adadua, yaitu : 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihanjawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator daninstrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 3,190 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 4,575. Setelahdilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postespada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis peta konsepsebesar 6,138 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajarankonvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 5,488. Pada hasil pengujianhipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,095 > 1,667 pada taraf signifikansi α =0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan akibatpengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis peta konsepterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1Sei Rampah T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Gia p |
Keywords: | Model; Pembelajaran Kooperatif; STAD; Peta Konsep; Hasil Belajar; Aktivitas; Listrik Dinamis; Arus Listrik; Kuat Arus Listrik; Alat Ukur Listrik; Hukum Ohm; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11744 |