Simanjuntak, Sofia Monika (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121074 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103121074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4103121074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103121074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103121074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4103121074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103121074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103121074 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4103121074 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103121074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35.55 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 35.27. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1398 dan Ltabel = 0.1477. Pada kelas kontrol Lhitung = 0.1078 dan Ltabel = 0.1477 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji M homogenitas diperoleh Fhitung = 1,045 dan Ftabel = 1,79 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI adalah 72.50 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 62.63. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer dengan persentase N-Gain aktivitas untuk pertemuan I dan II adalah 15% dan persentase N-Gain aktivitas untuk pertemuan II dan III adalah 33.3% yang termasuk pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sim p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Group Investigation; Media Pendidikan; Pembelajaran Kovensional; Arus Listrik; Hukum Ohm; Rangkaian Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11743 |