Sundari, Fitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS IX MTSNEGERI 2 RANTAU PRAPAT T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121025 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4103121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4103121025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121025 BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4103121025 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokokListrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasiseluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Rantauprapat yang terdiri dari 6 kelas.Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas IXB sebagai kelaseksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihanberganda yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajardan lembar aktivitas belajar siswa.Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 29.17 dan29.35. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelasberdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelaseksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontroldengan model pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran nilai ratarataaktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 71.08% dengan kategori aktif.Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rataratakelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 74,78 dan 68,54. Pada pengujiandata postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normaldan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (2.762 > 2.690) maka H a diterima.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran berbasis masalah terhadapa hasil belajar siswa dan dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa.Saran dalam penelitian ini adalah sebelum melaksanakan pembelajaran,hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tahap-tahap model pembelajaran berbasismasalah, sehingga nantinya siswa akan lebih memahami tugas yang akandilakukan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sun p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Arus Listrik; Beda Potensial Hambatan; Rangkaian Listrik; Daya dan Energi Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11730 |