Sulasmi (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101311004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4101311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4101311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4101311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4101311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
4101311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4101311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep pada materi trigonometri Kelas X SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-3 SMA Negeri 11 Medan sebanyak 36 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep pada materi Trigonometri kelas X SMA Negeri 11 Medan. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 4 dari 36 siswa (11,11%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 46,27. Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (63,89%) atau ada 23 dari 36 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 68,27. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (86,11%) atau ada 31 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 77,78. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 22,22 %. Secara keseluruhan rata-rata aktivitas siswa di siklus I mencapai 64,98% dan menjadi 88,88% di siklus II. Ini berarti mengalami peningkatan sebesar 23,9%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 11 Medan, sehingga model pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.240 712 Sul p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Advance Organizer; Media dalam Pembelajaran; Trigonometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11721 |