Suka, Josapat Ginting (2014) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KABANJAHET.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111042 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103111042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4103111042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103111042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4103111042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103111042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4103111042 BAB I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
4103111042 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103111042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103111042RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan kontekstual (CTL) terhadap kreativitas matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe T.A. 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe T.A. 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak siswa sebagai sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-1 sebanyak 36 orang yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan kelas VII-3 sebanyak 37 orang yang diajar dengan pendekatan konvensional.Penelitian ini didukung oleh beberapa perangkat seperti RPP, lember aktivitas siswa (LAS), dan buku pegangan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test essay sebanyak 4 soal yang telah diujicobakan dan dinyatakan valid.Rata-rata pretes siswa kelas kontrol sebesar 34,243 sedangkan rata-rata postes 40,729. Siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes sebesar 35,138 sedangkan rata-rata postes sebesar 46,861. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis untuk peningkatan kreativitas matematika siswa denga menggunakan analisis kovarians (ANAKOVA). Diperoleh model regresi untuk kelas eksperimen adalah Y ̂= 32,954 + 0,395 X dan untuk kelas kontrol Y ̂= 29,20783 + 0,336472 X. Berdasarkan perhitungan uji analisis kovarians diperoleh Fhitung (10,39) > Ftabel(3,98) maka H0 ditolak. Ini berarti pengaruh pendekatan pembelajarn kontekstual (CTL) memiliki pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan menggunakan pendekatan konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.160 71 Suk p |
Keywords: | Kreativitas; Pendekatan Kontekstual; Komponen Pendekatan; Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika; Materi Segi Empat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11718 |