Sitorus, Wilda (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY DAN METODE BEHAVIOR MODIFICATION PADA SUB POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111082 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103111082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4103111082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4103111082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4103111082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103111082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103111082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103111082 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
4103111082 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103111082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode guided discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode behavior modification pada sub pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Budisatrya Medan T.A. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan posttest. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 37 orang siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperiman I dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes. Hasil uji reliabilitas diperoleh rhitung postest adalah 0,85 dengan rtabel = 0,396 diperoleh postest secara keseluruhan reliabel. Uji validitas pada 25 item soal dengan rtabel = 0,396 diperoleh 20 item soal. Dari hasil uji coba, diambil 20 soal postest untuk digunakan pada penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I adalah 82,97 dan pada kelas eksperimen II adalah 75,135. Dari perhitungan uji normalitas data postest diperoleh Lhitung < Ltabel¬ (0,1136 < 0,1457) dan data postest kelas eksperimen II diperoleh Lhitung < Ltabel¬ (0,1285 < 0,1457). Sehingga disimpulkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas data diperoleh Fhitung = 1,27 dan Ftabel = 1,74 sehingga dapat disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogeny.Dari hasil analisis data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel¬ yaitu 3,89 > 1,668, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode guided discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode behavior modification pada sub pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.183 071 Sit p |
Keywords: | Hasil Belajar; Tes; Metode Pembelajaran; Behavior Modification; Metode Guided Discovery; Lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11715 |