Sitanggang, Judihar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 17 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321024 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103321024 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103321024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
4103321024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4103321024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4103321024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4103321024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4103321024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4103321024 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
4103321024 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103321024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 17 Medan yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 41,13 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 41,00. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 73,00 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 66,38 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 64,73% (kurang aktif), pada pertemuan II sebesar 84,11% (aktif). Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis thitung = 3,03 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,667 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas X semester II SMA N 17 Medan T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sit p |
Keywords: | Kooperatif; TAI; Macromedia Flash; Hasil Belajar; Aktivitas; Listrik Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11697 |