PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIIISEMESTER II SMP NEGERI 27 MEDAN T.P. 2013/2014

Sihotang, Cicilia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIIISEMESTER II SMP NEGERI 27 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103321008 COVER.pdf]
Preview
Text
4103321008 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103321008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103321008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103321008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103321008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103321008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103321008 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103321008 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4103321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 27 Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.P 2013/2014 yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 15 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,28 dengan simpangan baku 11,99 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,72 dengan simpangan baku 9,18. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1026 dan Ltabel = 0,1610, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0897 dan Ltabel = 0,1610 , karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,703 dan Ftabel = 1,858 karena Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh thitung = 0,561 dan ttabel = 2,002 , karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem solving dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan berbantu macromedia flash. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,56 dengan simpangan baku 9,68 dan kelas kontrol 61,78 dengan simpangan baku 12,81. Dengan N-Gain kelas eksperimen 0,526 kategori sedang dan kelas kontrol 0,397 kategori sedang. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 2,986 dan ttabel = 1,671, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran problem solving berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 27 Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 535.140 712 Sih p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Problem Solving; Media Pembelajaran; Macromedia Flash; Cahaya; Cermin Datar; Cermin Sekung; Cermin Cembung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item
View Item