Kurniawan, Ridho (2014) PENERAPAN TEORI VYGOTSKY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN VOLUME BALOK DAN KUBUS DI KELAS V SDN 101870 DESA SENA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311041 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409311041 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
409311041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409311041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
409311041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409311041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409311041DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
409311041 BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
409311041 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409311041 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah dengan menerapkan teori Vygotsky pada pokok bahasan balok dan kubus.(2)Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan teori Vygotsky pada pembelajaran volume balok dan kubus di kelas V SD Negeri 101870 Desa Sena. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan teori Vygotsky pada materi volume balok dan kubus di kelas V SD Negeri 101870 Desa Sena Tahun Ajaran 2013/2014. Siswa kelas V SD Negeri 101870 Desa Sena Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 2 kelas paralel. Dari 2 kelas dipilih satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas V-B yang berjumlah 24 siswa. Prosedur penelitian ini yang pertama adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa, yang kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan teori Vygotsky dengan materi balok dan kubus. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu divalidkan dengan arahan validator. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 67, 26 dengan 11 siswa atau 45, 83 % dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu sedangkan siswa yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 13 siswa (54, 16% ). Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 80, 76 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu sebanyak 22 orang atau 91, 67 % dari seluruh siswa dan 2 orang siswa atau 8, 33% siswa tidak mencapai tingkat ketuntasan belajar. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa teori Vygotsky pada materi volume balok dan kubus di kelas V SD Negeri 101870 Desa Sena Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.940 71 Kur p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Teori Belajar Vygotsky; Pemecahan Masalah; Volume Balok; Volume Kubus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11688 |