Sihotang, Asri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SIMANINDO T. A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111010 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4103111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4103111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
4103111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Simanindo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Simanindo dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Pada pemberian tindakan siklus I diperoleh bahwa kategori proses pembelajaran berbasis masalah pada materi bilangan bulat termasuk baik. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,87 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil pengamatan sebesar 3,07. Dari tindakan I, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 13 siswa (65%) dari 20 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66) sedangkan 7 siswa (40%) belum tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 17 siswa (85%) dari 20 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66) sedangkan 3 siswa (15%) belum tuntas. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 20%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Simanindo T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sih p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Berbasis Masalah; Operasi Bilangan Bulat; Penjumlahan; Pengurangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11687 |