Hutagaol, Astika Laras (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP SWASTA FATIMA 2 SIBOLGAT.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
10.BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
12.RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Fatima 2 Sibolga T. A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII-1 SMP Swasta Fatima 2 Sibolga dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pedoman Observasi Pelaksanaan Pembelajaran. Tes yang diberikan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan tiga validator, yaitu seorang dosen matematika Unimed dan dua orang guru matematika SMP Swasta Fatima 2 Sibolga serta telah diujicobakan dan dinyatakan valid.Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa maka diberikan tes diagnostik dan diperoleh skor rata-rata siswa 2,00 atau dalam kategori sangat rendah serta belum ada yang mencapai ketuntasan berpikir kreatif. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, maka diberikan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif I. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 2,50 atau dalam kategori rendah serta siswa yang tuntas dalam berpikir kreatif sebanyak 15 siswa (53,57%). Karena persentase ketuntasan Berpikir Kreatif belum tercapai maka pemberian tindakan dilanjutkan pada siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, maka diberikan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif II. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 68,6 atau dalam kategori tinggi serta siswa yang tuntas dalam berpikir kreatif sebanyak 24 siswa (85,71%) atau persentase ketuntasan Berpikir Kreatif telah tercapai. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan banyak siswa yang mencapai ketuntasan Berpikir Kreatif sebanyak 9 siswa (32,14%) dan skor rata-rata meningkat sebesar 0,42. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Fatima 2 Sibolga T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Hut p |
Keywords: | Berpikir Kreatif; Kepribadian Kreatif; Model Pembelajaran; Tipe NHT; Bilangan Bulat |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11686 |