Sartika, Lolla (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG KELAS VIII MTS AL-ULUM MEDAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111028 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101111028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101111028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101111028 ABSRTAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4101111028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4101111028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101111028 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101111028 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4101111028 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101111028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101111028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berfikir matematis siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran Langsung di kelas VIII MTs Al-Ulum Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ulum Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-1 yang merupakan kelas kontrol sebanyak 32 orang dan kelas VIII-2 yang merupakan kelas eksperimen sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Langsung. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan essay test sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum tes diujikan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan perhitungan validitas dan reliabilitas tes. Dari hasil perhitungan reliabilitas diperoleh sebesar 0,8132 yang berarti soal yang diujikan reliabilitas tinggi. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 50,031 dan simpangan baku pretest 18,322 sedangkan nilai rata-rata postest 70,188 dan simpangan baku postest 13,895. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 46,750 dan simpangan baku pretest 19,629 sedangkan nilai rata-rata postest 63,813 dan simpangan baku postest 15,403. Dari analisis data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = 1,738 dan ttabel = 1,67 yang ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan kemampuan berfikir matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dengan kemampuan berfikir matematis siswa menggunakan model pembelajaran Langsung di kelas VIII MTs Al-Ulum Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sar p |
Keywords: | Kegiatan Belajar; Matematika; Kemampuan Berpikir; Tipe Bamboo Dancing; Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11683 |