Jailani, Abdul Qodir (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 06 BELAWAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan akibat model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan Kelas VIII semester II SMP Swasta Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII-3 dan VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda dan lembar observasi telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 41,4 dan 39,6. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel 0,68 < 1,995, maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73,3 dan 61,8. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel 4,869 > 1,997 maka H diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Jai p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; TGT; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Zat Cair; Hukum Pascal; Hukum Archimedes; Tekanan Pada Udara (Gas) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11658 |