Kartika, Dinda (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN PROBLEM POSING TIPE PRESOLUTION POSING DENGAN SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 2 MEDAN T. A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 4103311019 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2 4103311019 LEMBAR PENGESAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3 4103311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4 4103311019 abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5 4103311019 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6 4103311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7 4103311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9 4103311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10 4103311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
11 4103311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
12 4103311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan creative problem solving lebih baik dibandingkan siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing tipe presolution posing berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis (kelancaran, keluwesan dan kebaruan). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa untuk kelas kontrol dan 30 orang siswa untuk kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan creative problem solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing tipe presolution posing. Analisis data menggunakan uji t. Data hasil perhitungan perbedaan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif kedua kelas diperoleh nilai thitung sebesar 1,943, sedangkan ttabel dengan signifikan 5% adalah 1,672. Maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan creative problem solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing tipe presolution posing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Kar p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Kreativitas; Model Pembelajaran; Problem Solving; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11657 |