Hannum, Fatima (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA MUHAMMADIYAH-06 BELAWAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121008 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4101121008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4101121008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4101121008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4101121008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4101121008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4101121008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101121008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4101121008 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4101121008 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4101121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok tekanan di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah-06 Belawan.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Muhammadiyah-06 Belawan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 260 orang. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes essai yang telah divalidkan oleh validator.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 43,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 44,05. Melalui pengujian uji hipotesis diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data postes yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 68,81. Hasil ini menggambarkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training melalui pengujian uji hipotesis terhadap hasil belajar Fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Han p |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar; Tekanan; Zat Padat; Zat Cair; Hukum Pascal; Hukum Archimedis; Tekanan Pada Udara (Gas) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11653 |