Irawan, Aswin (2014) KESIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN PEMANFAATAN ALAM SEKITAR SEKOLAH PADA MATERI POKOK INSECTA UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK, KABUPATEN DELI SERDANG T. P . 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4101141004 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 4101141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM 4101141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM 4101141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 4101141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4101141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM 4101141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM 4101141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4101141004 BAB 1.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
10. NIM 4101141004 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
11. NIM 4101141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
12. NIM 4101141004 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan alam sekitar sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada sub materi pokok insecta di SMA Negeri 1 Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dengan pendekatan keterampilan proses sains, model pengamatan, dan metode diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 190 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 38 siswa, dimana teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 25 item untuk ranah kognitif, lembar observasi untuk ranah afektif dan ranah psikomotorik. Dari analisis data diperoleh bahwa : (1) nilai rata-rata ujian 7,98 dengan SD 0,94. Dari 38 siswa terdapat 32 siswa atau 84% siswa yang telah tuntas belajar dan 6 siswa atau 16% siswa yang belum tuntas belajar. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi. (2) Nilai rata-rata hasil observasi ranah afektif 85,5% dan ranah psikomotorik 97%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan alam sekitar sekolah sangat efektif diterapkan pada pembelajaran materi pokok insecta di SMA Negeri 1 Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 595.707 12 Ira k |
Keywords: | Kurikulum 2013; Alam Sebagai Sumber Belajar; Pembelajaran Bilogi; Sub Filum Hexapoda; Serangga; Tubuh Insecta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11644 |