Manalu, Fitri Nopita (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 LAGUBOTI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141005 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4102141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4102141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4102141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4102141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4102141005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4102141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4102141005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4102141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4102141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4102141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswadengan menerapkan strategi pembelajaran Mind Map pada materi struktur dan fungsijaringan tumbuhan di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Laguboti T.P. 2013/2014.Penelitian ini dilakukan bulan Desember s/d April 2014. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Laguboti berjumlah 23 orang. Jenis penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan strategi pembelajaranMind Map. Parameter yang diamati adalah hasil belajar, kemampuan siswa membuatpeta pikiran, aktivitas belajar siswa. Pada analisis penilaian pembuatan peta pikiran,untuk peta pikiran awal/contoh diperoleh persentase nilai rata-rata 60,9% dengankategori cukup, siklus I 67,5% dengan kategori cukup, dan siklus II 80% dengankategori baik. Hasil analisis data hasil belajar yang dilakukan pada siklus I diperolehnilai rata-rata 80,6 dan siklus II 87,2. Persentase peningkatan hasil belajar siswasebesar 6,6%. Analisis aktivitas siswa menggunakan strategi Mind Map menunjukkanadanya peningkatan. Siklus I diperoleh rata-rata persentase perolehan nilai sebesar57,61% kategori cukup dan pada siklus II sebesar 70,65% kategori baik. Persentasepeningkatan aktivitas belajar siswa adalah 13,04%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.410 712 Man p |
Keywords: | Peta Pikiran (Mind Map); Cara Membuat; Metode Catatan Linear; Aktivitas Belajar; Jaringan Pada Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11637 |