Kurniawan, Angraini (2014) EFEKTIFITAS STRATEGI MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI SEI RAMPAH TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141007 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103141007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4103141007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103141007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4103141007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103141007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103141007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103141007 BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4103141007 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4103141007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran mnemonik pada materi pokok dunia tumbuhan (Plantae) kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 76 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X¬-2 yang berjumlah 38 orang siswa dimana teknik pengambilan sampel dilakukan sesuai dengan rekomendasi yang merupakan teknik pengambilan purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda. Terdiri dari 20 item soal. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan strategi mnemonik adalah 50,26 sedangkan setelah diterapkan strategi mnemonik diperoleh nilai rata-rata kelas 78,68 dan standar deviasi sebesar 2,16. Efektifitas strategi pembelajaran mnemonik dapat dilihat dari empat indikator yaitu (1) tingkat penguasan siswa, (2) ketuntasan belajar siswa, (3) ketercapaian tujuan pembelajaran khusus, dan (4) hasil observasi. Hasil analisa data diperoleh bahwa (1) tingkat penguasaan siswa terhadap pembelajaran sebesar 78,68% sehingga syarat ketercapaian tingkat penguasaan siswa terpenuhi. (2) Dari 38 sampel terdapat 35 orang (92,11%) yang telah tuntas belajar. (3) Tujuan Pembelajaran Khusus adalah 80% dan dinyatakan tuntas.(4) Dari lembar observasi kegiatan pembelajaran dengan strategi mnemonik adalah sangat baik. Berdasarkan keefektifan pada penelitian ini, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi mnemonik efektif untuk digunakan pada materi pokok dunia tumbuhan (Plantae) kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.107 12 Kur e |
Keywords: | Memori; Mengingat; Daya Ingat; Lupa Dalam Belajar; Strategi Mnemonik; Dunia Tumbuhan; Tumbuhan Lumut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11635 |