Wulan, Putri (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTAPLUS AL-ULUM MEDANTAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4103141057 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2.NIM 4103141057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3.NIM 4103141057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4.NIM 4103141057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5.NIM 4103141057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6.NIM 4103141057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7.NIM 4103141057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8.NIM 4103141057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9.NIM 4103141057 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
10.NIM 4103141057 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
11.NIM 4103141057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
12.NIM 4103141057 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaranberbasis masalah terhadap hasil belajar biologi materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Plus Al-Ulum Medan tahunpembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Plus Al- Ulum Medan yang berjumlah 2 kelas, kemudian diambil dua kelas sebagaisampel. Kelas X1 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah dan kelas X2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes yang terdiri dari 25 soal berbentuk pilihan ganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 82,43 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 76,43. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung ˃ ttabel yang berarti Ho ditolakdan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.526 207 12 Wul p |
Keywords: | Kategori Belajar; Mengajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Keanekaragaman Hayati; Manfaat; Penyebab Hilangnya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11630 |