Harahap, Miftah Arina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141047 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103141047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103141047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103141047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103141047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141047 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4103141047 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103141047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning denganProblem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan dan upayamengatasinya di kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri 11 Medan tahun pembelajaran 2013/2014, yaitu sebanyak 10 kelas denganjumlah siswa seluruhnya sebanyak 360 orang siswa. Sampel diambil secara acak(random sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas X8 sebagai kelas yang diajarmenggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas X7 sebagaikelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yangmasing-masing berjumlah 33 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitianini sebanyak 66 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakanModel Pembelajaran Project Based Learning adalah 79,30 dengan standar deviasi10,86, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model PembelajaranProblem Based Learning adalah 77,07 dengan standar deviasi 8,59. Meskipun hasilbelajar berbeda, namun hasil uji-t pada taraf α = 0,05 menunjukan tidak adaperbedaan yang signifikan dimana thitung terletak antara ttabel atau masih didalamdaerah penerimaan H0 (-1,659 < 0,925 < 1,659) yang berarti tidak ada perbedaansignifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaranProject Based Learning dengan model pembelajaran Problem Based Learning padamateri pencemaran lingkungan dan upaya mengatasinya di kelas X SMA Negeri 11Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Har p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Project Based Learning; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11627 |