Ramadhani, Lailly (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141018 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101141018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4101141018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101141018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4101141018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4101141018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101141018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101141018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101141018 BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4101141018 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101141018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas X-1 dan kelas X-2 SMA. Sampel ditentukan secara total sampling (sampel penuh). Untuk kelas X-1 menggunakan model inkuiri sedangkan kelas X-2 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas inkuiri adalah 81,139 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas pembelajaran berbasis masalah adalah 75,876. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana thitung 2,151 > ttabel 1,668. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinggga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Ram p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Inkuiri; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pencemaran Lingkungan; Perubahan Lingkungan; Pemanfaatan Limbah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11626 |