Aulia, Syafitri (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA SUB MATERI SISTEM PENCERNAANMANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141077 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103141077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
4103141077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103141077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141077 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4103141077 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan metode bermain peran pada Sistem Pencernaan Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 Kelas IPA yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu kelas XI IPA3 sebanyak 42 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda yang terdiri dari 25 soal dan diuji tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Berdasarkan hasil analisa data secara deskriptif, keefektifan metode bermain peran dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang tergolong kategori tinggi yaitu dengan rata-rata 81,90, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tergolong tinggi dengan persentase 85,71%, ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai dengan persentase 100% dan aktivitas siswa selama pembelajaran secara keseluruhan tergolong tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada Sistem Pencernaan Manusia dapat dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.107 12 Aul e |
Keywords: | Hasil Belajar; Efektivitas; Metode Role Playing; Kelebihan dan Kelemahan; Sistem Pencernaan Nada Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11625 |