Dewi, Kurnia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 13 MEDANT.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321033 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409321033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
409321033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
409321033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409321033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409321033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409321033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409321033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409321033 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
409321033 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409321033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Negeri 13 Medan TP. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas VII1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 20 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item dengan option jawaban yang sebelumnya telah divalidasi, untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t).Dari analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 41,25 dengan standar deviasi 9,58 dan rata-rata postes 76,25 dengan standar deviasi 12,86, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41 dengan standar deviasi 10,89 dan rata-rata nilai postes 64 dengan standar deviasi 13,53. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normaldan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,9 dan ttabel =2,024, sehingga thitung > ttabel (2,9 > 2,024) artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester Ganjil SMP Negeri 13 Medan TP. 2013/2014. Dan adanya peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Dew p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiry; Terbimbing; Hasil Belajar; Pembelajaran Konvensional; Kohesi; Adhesi; Kapilaritas; Massa Jenis Zat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11619 |