Napitupulu, Bernadi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTABINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 4103321006 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2 4103321006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
3 4103321006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4 4103321006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5 4103321006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6 4103321006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7 4103321006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9 4103321006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
10 4103321006 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
11 4103321006 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
12 4103321006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem posing dan pembelajaran konvensional beserta mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Swsata Bintang Timur 1 Balige T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretess-Postest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilhan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan dan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan oleh observer. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 24,44 dengan standar deviasi 9,01 dan nilai rata-rata kelas kontrol 24,71 dengan standar deviasi 8,61. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0,1428 dan Ltabel = 0,1476, untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1351, dan Ltabel = 0,1519 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem posing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,92 dengan standar deviasi 8,31 dan kelas kontrol 65,44 dengan standar deviasi 7,72. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 52,78 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,914 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem posing dan pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Swsata Bintang Timur 1 Balige T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Nap p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Posing; Evaluasi Hasil Belajar; Listrik Dinamis; Daya Listrik; Alat Ukur Listrik; Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11615 |