PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA AL ULUM MEDAN T.P. 2013/2014

HARAHAP, ABDAH ROHIMAH (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA AL ULUM MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121001 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121001 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121001 BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121001 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4103121001 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4103121001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Al Ulum Medan T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan T.P. 2013/2014 dengan jumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) yang telah divalidasi oleh validator serta uji ramalan. Hasil uji pretes pada awal penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,50 dengan standar deviasi 11,55 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 31,33 dengan standar deviasi 12,03. Pada pengujian normalitas masing-masing kelas diperoleh Lhitung = 0,1272 dan Ltabel = 0,1610 untuk kelas eksperimen, Lhitung = 0,1025 dan Ltabel = 0,1610 untuk kelas kontrol, sehingga Lhitung < Ltabel, maka data masing-masing kelas berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,09 dan Ftabel = 1,86, sehinggan Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen 68,83 dengan standar deviasi 12,30, dan kelas kontrol 58,67 dengan standar deviasi 9,37. Kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki varians yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,600 dan ttabel = 1,671 pada taraf signifikan &#945; = 0,05, sehingga thitung > ttabel (3,600 > 1,671), maka H0 ditolak dan terima Ha, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Har p
Keywords: Model Pembelajaran; Inquiry; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Konvensional; Inkuiri Terstruktur; Listrik Dinamis; Daya Listrik; Alat Ukur Listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 19 Aug 2016 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item
View Item