Astuti, Juni (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIORIENTASIKAN DENGAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131018 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101131018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4101131018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4101131018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4101131018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4101131018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101131018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101131018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131018 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4101131018 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4101131018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Diorientasikan dengan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Kimia pada materi pokok koloid di SMA Negeri 11 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini yang dipilih secara simple random sampling diambil dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Diorientasikan dengan Konstruktivisme sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran metode ceramah. Perhitungan hasil belajar siswa ternormalisasi dan didapatkan nilai postest belajar siswa pada kelas eksperimen rata-rata 79,6  7,22 sedangkan nilai postest belajar siswa kelas kontrol rata-rata sebesar 73  8,33.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji pihak kanan dengan diperoleh thitung = 3,293 sedangkan ttabel = 1,96 untuk α = 0.05 dan db = 56. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni Hasil belajar kimia siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diorientasikan dengan Konstrutivisme dengan memberikan nilai Afektif Kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 63,08 % terhadap hasil belajar kimia siswa lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa setelah diberikan model pembelajaran konvensional (metode ceramah) Pada Materi Pokok koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Ast p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kreatif; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pembelajaran Kontruktivisme; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11603 |