Purba, Bambang Enra Priando (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131007 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4103131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4103131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4103131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103131007 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4103131007 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4103131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103131007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode praktikum lebih tinggi daripada pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah saja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI PIA SMA Negeri 1 dolok masihol dan SMA Negeri 1 Galang yang terdiri dari 2 kelas dan 4 kelas masing-masing. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 56 siswa pada masing-masing sekolah dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode praktikum dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan pendekatan ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I di SMA N 1 Dolok Masihol adalah 91,96 dan rata-rata hasil belajar eksperimen II adalah 72,68. Dan untuk SMA N 1 Galang Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 92,32 dan eksperimen II sebesar 71,07. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung pada SMA N 1 Dolok Masihol sebesar 1,90 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05 dan dk = 56, sehingga thitung>ttabel. Demikian juga pada SMA N 1 Galang , diperoleh bahwa nilai thitung pada SMA N 1 Galang sebesar 2,10. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL dan metode Praktikum lebih tinggi daripada peningkatan yang tidak menerapkan model PBL dan Metode Praktikum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Pur p |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Praktikum Kimia; Kurikulum 2013; Termikia; Hasil Belajar Kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11600 |