Sianturi, Iwan Andi Jonri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111024 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4101111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4101111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4101111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
4101111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4101111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4101111024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share (TPS) di kelas X SMA Negeri 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) pada materi statistika tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA-7 yang berjumlah 31orang siswa.Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi dan wawancara kepada guru kelas untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Pada observasi awal peneliti mengobservasi aktivitas belajar matematika siswa dalam kategori memperhatikan penjelasan guru, mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, partisipasi dakam diskusi, kemampuan memberikan tanggapan dan mencatat. Hasil analisis data observasi aktivitas belajar matematika siswa adalah 22,58% yang aktif dan 77,42% kurang aktif dengan kategori tersebut dalam proses belajar mengajar. Aktivitas belajar siswa pada siklus I, pada pertemuan 1 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 54,20% dan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 59,81%. Pada siklus II, pertemuan ke-3 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 65,19% dan pertemuan ke-4 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 68,41%. Kriteria peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dalam penelitian ini yaitu persentase tingkat aktivitas belajar siswa yang aktif 60% dari banyak siswa dipenuhi saat pertemuan ke-3 dan ke-4 (siklus II).Penguasaan materi siswa pada siklus I diperoleh persentase siswa yang menguasai materi sebesar 64,52% dan pada siklus II diperoleh persentase siswa yang menguasai materi sebesar 77,42%. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dan penguasaan materi siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe think- pairs-share pada materi statistika di kelas X SMA Negeri 3 Medan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 519.507 1 Sia p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Aktivitas Belajar Siswa; Kooperatif; Sintaks; Think-Pair-Share; Materi Ajar Statika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11599 |