Khairuni, Mutia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHIG YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431022 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409431022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
409431022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409431022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409431022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
409431022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409431022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
409431022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409431022 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
409431022 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409431022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching yang diintegrasikan dengan media Flash terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lhokseumawe yang terdiri dari 8 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Quantum Teaching yang diintegrasikan dengan media Flash dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Data hasil belajar siswa selanjutnya dianalisis dengan uji t dan hubungan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa diuji dengan uji r.Hasil penelitian menunjukan, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 21,96 ± 9,2, rata-rata postest adalah 82,35 ± 6,77. Untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 29,54 ± 7,76, nilai rata-rata postest sebesar 65,61 ± 8,57. Hasil uji normalitas data gain kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= 8,766 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Persen peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 74,29% lebih tinggi daripada di kelas kontrol sebesar 52,71%. Uji korelasi diperoleh rhitung = 0,764 dan rtabel = 0,329, sehingga rhit > rtabel maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Ada korelasi positif dan signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan model Quantum Teaching. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Kha p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelalajaran; Quantum Teaching; Pembelajaran Konvensional; Animasi Flash; Struktur Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11598 |