Naibaho, Justin Pandapotan (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP SANTO XAVERIUS 2 KABANJAHE T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111044 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4103111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4103111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103111044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4103111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103111044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4103111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103111044 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4103111044 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4103111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan problem based learning menggunakan media animasi macromedia flash pada materi kesebangunan di kelas ix smp santo xaverius 2 Kabanjahe T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-B SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan problem based learning menggunakan media animasi macromedia flash. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami masalah 95% (sangat baik), siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 67,5% (buruk), siswa yang mampu menyelesaikan masalah 67,5% (buruk), dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 57,5% (sangat buruk). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang memahami masalah 100% (sangat baik), siswa yang mampu merencanakan penyelesaian masalah 85% (baki), siswa yang mampu menyelesaikan masalah 82,5% (baik), dan siswa yang mampu memeriksa kembali sebesar 82,5% (baik). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 71,35 dan pada siklus II dalam kategori baik dengan nilai 77,27.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penerapan problem based learning menggunakan media animasi macromedia flash dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kesebangunan di kelas ix smp santo xaverius 2 Kabanjahe T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Nai p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Geometri; Pemecahan Masalah Matematika; Media Pembelajaran; Model Pembelajaran; Kesebangunan Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11591 |