Malau, Rany Purwade Putrie (2014) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN MATERI DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PARULIAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131050 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103131050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4103131050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4103131050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103131050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103131050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103131050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103131050 BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
4103131050 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103131050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa pada pendekatan kontekstual dengan metode ceramah, pada pokok bahasan materi dan perubahannya. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK Parulian 3 Medan. Sampel penelitian diambil secara random sampling, sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 62 orang. Satu kelas diberi perlakuan pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen (eksperimen) dan kelas lainnya diberi perlakuan pendekatan kontekstual dengan metode ceramah (kontrol). Data yang diamati adalah hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan instrumen tes pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Data di analisis dengan uji- t satu pihak setelah diuji homogenitas dan normalitas data. Hasil uji-t diperoleh t hit 2,70 > t tabel 1,682 dengan db 42, yang berarti Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual berpadu metode eskperimen berbeda dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual berpadu metode ceramah. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen 81,167±7,191 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 75±7,27. Peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 72,74 %, yang berarti pendekatan kontekstual dengan metode eksperimen sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 9 Mal p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pendekatan Kontekstual; Metode Eksperimen; Metode Ceramah; Materi dan Perubahannya; Wujud dan Sifat Materi; Perubahan Materi; Klasifikasi Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11589 |