TARIGAN, ADRIANUS SUMANJAYA (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
409111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
409111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
409111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
409111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
409111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
409111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
409111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
409111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi pokok aproksimasi kesalahan bagi siswa kelas X SMK Swasta Immanuel 1 Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Otomotif I SMK Swasta Immanuel 1 Kabanjahe yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok aproksimasi kesalahan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction. Berdasarkan hasil analis data pada tes kemampuan awal diketahui bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 23,05 yang diperoleh dari jumlah nilai siswa tiap indikator per banyak siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa adalah rendah dengan nilai rata-rata kelas 64 dimana 12 dari 24 siswa atau 50% dari keseluruhan siswa telah tuntas memecahkan masalah. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan di siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 76,81 dimana 22 dari 24 siswa atau 91,66% dari keseluruhan siswa telah tuntas memecahkan masalah. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas memecahkan masalah, karena terdapat 85% dari banyaknya siswa yang telah tuntas memecahkan masalah.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok aproksimasi kesalahan di kelas X Otomotif I SMK Swasta Immanuel 1 Kabanjahe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Tar m |
Keywords: | Masalah Dalam Matematika; Model Pembelajaran; Langkah-langkah; Bentuk-bentuk; Operasi Bilangan Pecahan; Problem Based Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11583 |