EVALINA, RIZKA (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN KONVENSIONAL DI MTS.SUBULUSSALAM KOTANOPAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409311043 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 409311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 409311043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 409311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 409311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. NIM. 409311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
7. NIM. 409311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8. NIM. 409311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
9. NIM. 409311043 BAB I.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
10. NIM. 409311043 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
11. NIM. 409311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
12. NIM. 409311043 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle lebih baik daripada dengan metode konvensional di MTs.Subulussalam Kotanopan tahun ajaran 2013/ 2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Subulussalam Kotanopan tahun ajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-3 sebanyak 35 orang dan kelas VIII-2 sebanyak 35 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan instrumen berupa tes berpikir kritis yang telah divalidasi oleh 2 orang dosen dan seorang guru bidang study. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes essay yaitu untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 30,43 dan simpangan baku pretest 10,87 sedangkan nilai rata-rata posttest 78 dan simpangan baku posttest 8,06. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 27,43 dan simpangan baku pretest 8,34 sedangkan nilai rata-rata posttest 70 dan simpangan baku posttest 7,17. Dari analisa data posttest dengan menggunakan uji t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung = 4,386 dan ttabel = 1,997 ternyata thitung  ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle lebih baik daripada dengan metode konvensional di MTs.Subulussalam Kotanopan tahun ajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Eva p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pendekatan Kontruktivisme; Learning Cycle; Karakteristik; Konvensional; Berpikir Kritis; Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11560 |