Syahputra, Atma Fredy (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMPMUHAMMADIYAH PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 409111015 Cover.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 409111015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. 409111015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. 409111015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. 409111015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 409111015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 409111015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 409111015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
10. 409111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
11. 409111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
12. 409111015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. 409111015 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Teorema Phytagoras di kelas VIII SMP Muhammadiyah Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPMuhammadiyah Pematangsiantaryang terdiri dari 3 kelas.Dua kelas dijadikan sampel, yaitu kelas VIII-1 yang merupakan kelas ekperimen A sebanyak 40 orang dan kelas VIII-2 yang merupakan kelas eksperimen B sebanyak 40orang. Kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)dan pada kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan test, dengan test essay sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data.Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal.Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata pre-test 29,5 dan simpangan baku pre-test 10,896 sedangkan nilai rata-rata post-test 78,75 dan simpangan baku post-test 9,816. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pretest 24 dan simpangan baku pre-test 11,029 sedangkan nilai rata-rata post-test 72,65 dan simpangan baku post-test 8,891.Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,908 dan ttabel = 1,667 Sehingga diperoleh thitung> ttabelmaka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Teorema Phytagoras di kelas VIII SMP Muhammadiyah Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sya p |
Keywords: | Belajar dan Pembelajaran Matematika; Masalah dalam Matematika; Kooperatif; TPS; STAD; Materi Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11559 |