PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 25 RANTAUPRAPAT TAHUN AJARAN 2013/2014

Hasibuan, Rahmad Idris (2014) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 25 RANTAUPRAPAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409311037 COVER.pdf]
Preview
Text
409311037 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
409311037 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409311037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 BAB I.pdf]
Preview
Text
409311037 BAB I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 bab V.pdf]
Preview
Text
409311037 bab V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 409311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan Open-Ended serta efektif atau tidak penerapan pendekatan Open-Ended pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, lembar observasi dan respon siswa. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel, lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika pendekatan Open-Ended diterapkan dan lembar respon siswa untuk melihat seberapa suka siswa dengan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penerapan pendekatan Open-Ended pada materi sistem peramaan linear dua variabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat T.A 2013/2014. Pembelajaran dilakukan dengan cara terlebih dahulu membangun pemahaman siswa dengan memberikan penjelasan tentang indikator yang akan dicapai serta memberikan motivasi kepada siswa. Guru memberikan masalah terbuka untuk dipecahkan setiap kelompok kemudian siswa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang diyakini masing-masing kelompok benar. Guru mempersilahkan masing-masing kelompok untuk menuliskan hasil diskusi mereka di papan tulis. Guru dan siswa bersama-sama membahas benar atau salah dari bermacam cara dan jawaban yang diperoleh masing-masing kelompok. Kemudian siswa menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari dengan bimbingan guru. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan menggunakan LAS dimana metode yang diguanakan siswa ada 4 metode yang dapat digunakan siswa yaitu metode grafik, eliminasi, substitusi dan gabungan. Pada siklus ke II pembelajaran dilakukan dengan menggunakan LAS dimana guru memberikan satu metode tambahan selain 4 metode pada siklus I dalam menjawab soal yaitu metode eliminasi berpola. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan dari tes awal yaitu 3 dari 24 siswa atau 12,5% dengan rata-rata kelas 40. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan pendekatan Open-Ended menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 17 dari 24 siswa atau 70,83% dengan rata-rata kelas 68,125. Karena belum mencapai syarat ketuntasan klasikal sebesar≥85%, maka pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 21 dari 24 siswa atau 87,5% dengan rata-rata kelas 77,625. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Hasil observasi guru pada siklus I adalah 2,65 (baik) meningkat menjadi 3,34 (baik) pada siklus II. Hasil observasi siswa pada siklus I adalah 2,68 (baik) menjadi 3,25 (baik) pada siklus II. Dan respon siswa diperoleh hamper seluruh siswa (79,1%) setuju jika pendekatan Open-Ended diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan Open-Ended hasil belajar siswa khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-1 SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat efektif. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan pendekatan Open-Ended sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.507 1 Has p
Keywords: Belajar Matematika; Hasil Belajar; Pendekatan; Open-Ended; Persamaan Linear dan Variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 06:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item
View Item