Tarigan, Yosefina (2014) HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPETEAM GAMES TOURNAMENT PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131080 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103131080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103131080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103131080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103131080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103131080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103131080 BAB I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
4103131080 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103131080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe Team Games Tournament pada pokok bahasan struktur atom. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh/total. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata nilai pretes-postes yang diperoleh pada eksperimen I adalah 45; 82,75, sedang rata-rata nilai pretes-postes pada kelas eksperimen II adalah 38,5; 86,12. Pada uji normalitas dengan teknik Uji Chi Kuadrat pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan teknik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data ini adalah homogen. Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan teknik statistik-t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada materi struktur atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Tar h |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; TGT; Struktur Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11543 |