Tarigan, Esron Frananta (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASIMATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGANBULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TIGABINANGA T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111015 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4101111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4101111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4101111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4101111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
4101111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan bulat Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematika. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran selama proses belajar mengajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Think Pair Share Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk peneliti meningkat dari 2,80 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,03 dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh kemampuan komunikasi matematika siswa secara klasikal (≥2,66) adalah 31,58% dan nilai rata-rata kelas 0,99. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh kemampuan komunikasi matematika siswa secara klasikal yaitu 60,52% dan nilai rata-rata kelas 2,51. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh kemampuan komunikasi matematika siswa adalah 84,21% dan nilai rata-rata kelas 2,91. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I dan siklus II adalah 23,69%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Tar p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Komunikasi; Strategi Pembelajaran; Think Pair Share; Bilangan Bulat; Penjumlahan dan Pengurangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11528 |