Sitinjak, Detrisna (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TABUNG DAN KERUCUT DI KELAS IX SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.A.2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111018 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4103111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4103111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
4103111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4103111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode snowball throwing pada materi tabung dan kerucut di kelas IX SMP Negeri 3 Pematangsiantar T.A. 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IX-3 SMP Negeri 3 Pematangsiantar dan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi tabung dan kerucut dengan menerapkan pembelajaran kooperatif menggunakan metode snowball throwing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing diterapkan dan tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa pada materi tabung dan kerucut. Pada siklus I dan siklus II diterapkan pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing. Setelah pemberian tes hasil belajar I pada siklus I diperoleh 27 siswa (75%) dari 36 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 9 siswa (25 %) belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 73,21. Pada siklus II, setelah pemberian tes hasil belajar II diperoleh 32 siswa (88,89%) dari 36 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 4 siswa (11,11%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 83,13. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 13,89% dan peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 9,92. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan snowball throwing sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sit p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Metode Sisi Lengknung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11527 |