PENGARUH PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS N 2 MEDAN T.P 2013/2014

Sarah, Siti (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS N 2 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121072 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121072 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121072 BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121072 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4103121072 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi cahaya di Kelas VIII Semester II MTs N 2 Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan disain penelitian two group pre–test dan post–test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 2 Medan pada semeter II T.P 2013/2014 terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 274 orang. Sampel diambil dari populasi yaitu senayak 2 kelas. Dengan menggunakan cluster random sampling yaitu kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 41 siswa dan kelas VIII-4 lagi sebagai kelas kontrol berjumlah 41 siswa. Instrumen digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi yang berbentuk esay tes sebanyak 5 soal yang telah divalidasikan. Uji Hipotesis menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,87 dengan standar deviasi 9,45 dan kelas kontrol adalah 34,14 dengan standar deviasi 11,01. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung = 0,121, Ltabel = 0,138, ( Lhitung < Ltabel ) sedangkan kelas kontrol Lhitung = 0,137, Ltabel = 0,138, ( Lhitung < Ltabel ) maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung = 0,98, Ftabel = 1,69, ( Fhitung < Ftabel ) maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,348 < ttabel = 1,994 berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai dilakukan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,05 dengan standar deviasi 16,39 dan kelas kontrol 71,82 dengan standar deviasi 16,59. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk postes diperoleh Lhitung = 0,0989, Ltabel = 0,1383, ( Lhitung < Ltabel ) maka kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data postes kedua sampel diperoleh Fhitung = 0,978, Ftabel = 1,69, ( Fhitung < Ftabel ) maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= 2,113, ttabel = 1,667, ( thitung > ttabel ). Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang positif. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa 53,54, pertemuan II rata-rata 61,87, pertemuan ke III rata-rata 67,50. Maka disimpulkan ada pengaruh menggunakan model pembelajaran terpadu model Webbed terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII MTs N 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Terpadu Model weebed, Materi Cahaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 535.140 712 Sar p
Keywords: hasil belajar; pembelajaran terpadu; model weebed; cahaya; hukum pemantulan cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 05:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item
View Item