Syafitri, Maya (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321029 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4103321029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4103321029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103321029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103321029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103321029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103321029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103321029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103321029 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4103321029 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4103321029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional beserta mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 240 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 39 orang dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu tes hasi belajar dan aktivitas siswa. Instrumen untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t.Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,4 dengan standar deviasi 8,2, dan nilai rata-rata kelas kontrol 40,3 dengan standar deviasi 6,9. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0.1240 dan Ltabel = 0.1418, untuk kelas kontrol Lhitung = 0.0913, dan Ltabel = 0.1418 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,03 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung < ttabe, maka kemampuan awal kedua kelas tersebut sama atau homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,6 dengan standar deviasi 6,9 dan kelas kontrol 60,1 dengan standar deviasi 7,2. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 70,22 termasuk dalam kriteria aktif. Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol maka dilakukan uji t satu pihak, hasil uji t diperoleh thitung = 9,93 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Sya p |
Keywords: | model pembelajaran; inquiry training; pembelajaran konvensional; kalor; suhu benda; kapasitas kalor; perubahan wujud; penguapan; pengembunan; peleburan; pembekuan; asas black |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11511 |