Sihotang, Sumitro Paulus (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121029 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4101121029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4101121029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4101121029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4101121029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4101121029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101121029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4101121029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101121029 BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
4101121029 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4101121029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapaan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi kalor di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Siantar T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-PIA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X-PIA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,81 dengan simpangan baku 13,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol 44,05 dengan simpangan baku 11,01. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,0736 dan Ltabel = 0,1476, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0785 dan Ltabel = 0,1476 , karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,57 dan Ftabel = 1,74 karena Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = - 0,082 dan ttabel = 1,996 , karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah perlakuan, diberi postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 68,81. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen N-gain= 64,4% dan kelas kontrol N-gain = 44,2% dan rata-rata aktivitas di kelas eksperimen sebesar 70,79 termasuk dalam kategori aktif, sementara di kelas kontrol rata-rata aktivitas 46,34 termasuk dalam kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,668, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi kalor di kelas X semester II SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Sih p |
Keywords: | Problem Based Learning; hasil belajar; aktivitas belajar; model pembelajaran; pembelajaran konvensional; kalor; suhu; asas black; perpindahan kalor; konduksi; konveksi; radiasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11510 |